Info Pondok
Selasa, 16 Apr 2024
  • Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan : 1. Tahfidzul Qur'an 2. Gramatikal Kitab Kuning 3. Intensif Bahasa Inggris
  • Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan : 1. Tahfidzul Qur'an 2. Gramatikal Kitab Kuning 3. Intensif Bahasa Inggris
10 Maret 2024

CAKRAWALA RAMADHAN : KEUTAMAAN BULAN SUCI RAMADAN

Ming, 10 Maret 2024 Dibaca 136x Blog

Pendahuluan

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan keutamaan bagi umat Islam di seluruh dunia. Dalam ajaran agama Islam, Ramadan bukan hanya sekadar bulan puasa, tetapi juga merupakan waktu yang dianggap istimewa karena penuh dengan rahmat dan keberkahan. Dalam pandangan Madzhab Syafi’i, salah satu dari empat madzhab utama dalam Islam, terdapat berbagai pandangan dan dalil mengenai keutamaan bulan suci ini. Artikel ini akan menguraikan keutamaan Ramadan menurut Madzhab Syafi’i dengan mengutip dalil-dalil yang relevan.

  1. Signifikasi Ramadan dalam Islam

Sebelum memahami keutamaan Ramadan menurut Madzhab Syafi’i, penting untuk memahami signifikansi bulan suci ini dalam ajaran Islam secara umum. Ramadan merupakan bulan di mana Al-Quran, kitab suci umat Islam, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia (QS. Al-Baqarah: 185). Oleh karena itu, bulan Ramadan dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmat, di mana umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

  • Keutamaan Ramadan dalam Madzhab Syafi’i

Madzhab Syafi’i, yang didirikan oleh Imam Al-Syafi’i, memiliki pandangan yang khas mengenai keutamaan Ramadan. Salah satu pandangan penting dalam madzhab ini adalah bahwa bulan Ramadan memiliki keistimewaan dalam hal ibadah puasa, salat, dan peningkatan ketaqwaan. Berikut adalah beberapa keutamaan Ramadan menurut pandangan Madzhab Syafi’i:

  • Keutamaan Puasa

Puasa Ramadan adalah kewajiban bagi setiap Muslim dewasa yang sehat secara fisik dan mental. Madzhab Syafi’i menekankan bahwa puasa Ramadan merupakan salah satu rukun Islam yang penting. Dalam kitab-kitab fikih Madzhab Syafi’i, seperti “Al-Umm” karya Imam Asy-Syafi’i, disebutkan bahwa puasa Ramadan adalah salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Islam. Salah satu dalil yang menunjukkan keutamaan puasa Ramadan menurut Madzhab Syafi’i adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa berpuasa Ramadan dengan iman dan berharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  • Keutamaan Salat Tarawih

Salat Tarawih adalah salat sunnah yang dilakukan pada malam hari selama bulan Ramadan. Madzhab Syafi’i memandang salat Tarawih sebagai ibadah yang sangat dianjurkan dan memiliki keutamaan tersendiri. Dalam kitab “Al-Umm”, Imam Asy-Syafi’i menyebutkan bahwa salat Tarawih adalah sunnah muakkadah (sunnah yang sangat ditekankan) bagi umat Islam. Dalil yang menguatkan keutamaan salat Tarawih adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa melakukan qiyam (salat malam) di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  • Keutamaan Lailatul Qadr

Lailatul Qadr adalah malam yang memiliki keistimewaan yang besar dalam Islam. Dalam Madzhab Syafi’i, Lailatul Qadr merupakan malam yang sangat dianjurkan untuk melakukan ibadah, doa, dan dzikir. Imam Asy-Syafi’i menyebutkan dalam kitabnya “Al-Umm” bahwa Lailatul Qadr adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dalil yang menegaskan keutamaan Lailatul Qadr adalah firman Allah SWT dalam Al-Quran (QS. Al-Qadr: 1-3): “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

  • Implementasi Keutamaan Ramadan dalam Kehidupan Sehari-hari

Keutamaan Ramadan menurut Madzhab Syafi’i tidak hanya merupakan konsep teoritis, tetapi juga harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari umat Islam. Berikut adalah beberapa cara untuk mengimplementasikan keutamaan Ramadan:

  • Melaksanakan Puasa dengan Iman dan Taqwa

Muslim diharapkan untuk melaksanakan puasa Ramadan dengan iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Puasa bukan hanya menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami istri, tetapi juga menuntut kesabaran, keikhlasan, dan pengendalian diri.

  • Memperbanyak Salat Sunnah dan Dzikir

Selain salat wajib, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak salat sunnah dan dzikir, khususnya selama bulan Ramadan. Salat Tarawih dan dzikir pada malam Lailatul Qadr merupakan ibadah yang sangat ditekankan dalam Madzhab Syafi’i.

  • Berbuat Kebaikan dan Bersedekah

Bulan Ramadan juga merupakan waktu yang tepat untuk berbuat kebaikan dan bersedekah kepada sesama. Madzhab Syafi’i menekankan pentingnya berbagi rezeki kepada yang membutuhkan, terutama selama bulan Ramadan.

Kesimpulan

Bulan Ramadan memiliki keutamaan dan keistimewaan yang besar dalam ajaran Islam, termasuk menurut pandangan Madzhab Syafi’i. Puasa Ramadan, salat Tarawih, dan ibadah-ibadah lainnya selama bulan suci ini merupakan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan oleh umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan memahami dan mengimplementasikan keutamaan Ramadan dalam kehidupan sehari-hari, umat Islam diharapkan dapat meraih keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

Diterbitkan oleh Team Admin Web pada tanggal 10 Maret 2024 di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 2 Putukrejo Gondanglegi Malang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 


Video Terbaru

Pengumuman

Diterbitkan :
3 Fasilitas yang di dapat apabila daftar di Gelombang 1 Unit MARU II
Open Registration !!! 📋📋📋 Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB)Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan..
Diterbitkan :
3 Fasilitas yang di dapat apabila daftar di Gelombang 1 Unit SMARU
Open Registration !!! 📋📋📋 Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB)Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan..
Diterbitkan :
3 Fasilitas Yang di dapat apabila daftar di Gelombang 1 Unit SMPRU
Open Registration !!! 📋📋📋 Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB)Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan..