Info Pondok
Selasa, 21 Mei 2024
  • Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan : 1. Tahfidzul Qur'an 2. Gramatikal Kitab Kuning 3. Intensif Bahasa Inggris
  • Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan : 1. Tahfidzul Qur'an 2. Gramatikal Kitab Kuning 3. Intensif Bahasa Inggris
16 Mei 2024

Keutamaan Malam Jumat : Memperoleh Berkah dan Kedekatan dengan Allah

Kam, 16 Mei 2024 Dibaca 73x Blog

Pendahuluan:

Malam Jumat, dalam tradisi Islam, adalah salah satu malam yang memiliki kedudukan istimewa di antara malam-malam lainnya. Keutamaannya telah diakui dalam banyak hadis dan karya-karya tulis agama, termasuk dalam kitab kuning yang menjadi penuntun spiritual bagi umat Islam. Dalam narasi ini, kita akan menjelajahi keutamaan Malam Jumat menurut referensi dari kitab kuning, dengan penuh penghormatan terhadap tradisi dan ajaran Islam yang kaya.

Keutamaan Malam Jumat dalam Islam:

Sebelum memasuki pembahasan secara mendalam mengenai keutamaan Malam Jumat menurut kitab kuning, mari kita memahami signifikansinya dalam Islam secara umum. Malam Jumat memiliki kedudukan yang istimewa karena dalam ajaran Islam, Jumat adalah hari yang dianggap sebagai hari terbaik dalam seminggu. Hal ini didasarkan pada banyak hadis yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW.

Salah satu hadis yang sering dikutip terkait dengan keutamaan Malam Jumat adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, di mana Rasulullah SAW bersabda:

“Sebaik-baik hari tempat matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu, Adam diciptakan, masuk surga, dan keluar dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim)

Hadis ini menunjukkan betapa pentingnya Malam Jumat dalam pandangan Islam. Selain itu, terdapat juga ayat dalam Al-Quran yang menyebutkan keutamaan Jumat dalam surah Al-Jumu’ah (62).

Keutamaan Malam Jumat dalam Kitab Kuning:

Referensi mengenai keutamaan Malam Jumat juga dapat ditemukan dalam kitab kuning, yang merupakan kumpulan literatur klasik dalam tradisi Islam. Kitab kuning mencakup berbagai topik, termasuk fiqh (hukum Islam), hadis, akidah (keyakinan), tafsir (penafsiran Al-Quran), dan sebagainya. Di antara karya-karya yang terkenal dalam kitab kuning adalah “Riyadhus Shalihin” karya Imam Nawawi, “Al-Adzkar” karya Imam An-Nawawi, “Sahih Bukhari”, “Sahih Muslim”, dan banyak lagi.

1. “Riyadhus Shalihin” karya Imam Nawawi:

“Riyadhus Shalihin” adalah salah satu karya klasik yang sangat dihormati dalam tradisi Islam. Dalam kitab ini, Imam Nawawi menyusun hadis-hadis yang berbicara tentang berbagai aspek kehidupan sehari-hari umat Islam, termasuk keutamaan Malam Jumat.

Salah satu hadis yang disebutkan dalam “Riyadhus Shalihin” terkait dengan Malam Jumat adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, di mana Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap muslim yang mandi pada hari Jumat dan membersihkan dirinya sebisa mungkin, kemudian ia pergi ke masjid, lalu ia mendengarkan khutbah dengan diam dan tidak mengganggu, maka baginya pahala shalat satu tahun penuh, ditambah sembilan puluh kali lipat.” (HR. Muslim)

Hadis ini menunjukkan pentingnya membersihkan diri dan datang ke masjid pada hari Jumat. Hal ini merupakan bagian dari persiapan spiritual untuk menyambut malam dan hari Jumat dengan baik.

Dalam “Riyadhus Shalihin”, Imam Nawawi juga menekankan pentingnya menjalankan shalat sunnah pada malam Jumat. Beliau mengutip hadis-hadis yang menunjukkan keutamaan shalat sunnah pada malam Jumat, seperti shalat sunnah sebelum dan sesudah shalat Jumat.

2. “Al-Adzkar” karya Imam An-Nawawi:

“Al-Adzkar” adalah karya Imam An-Nawawi yang berisi kumpulan doa-doa, dzikir, dan amalan-amalan yang dianjurkan dalam Islam. Dalam kitab ini, Imam An-Nawawi juga mengungkapkan keutamaan Malam Jumat.

Imam An-Nawawi menyebutkan bahwa Malam Jumat adalah waktu yang sangat diberkahi dan dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, shalawat, dan doa. Beliau mencatat bahwa melakukan ibadah pada Malam Jumat adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh keberkahan-Nya.

Selain itu, Imam An-Nawawi juga menekankan pentingnya membaca Surah Al-Kahfi pada Malam Jumat. Beliau mengutip hadis yang menyebutkan keutamaan membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat, yang dapat memberikan perlindungan dari fitnah Dajjal.

3. “Sahih Bukhari” dan “Sahih Muslim”:

“Sahih Bukhari” dan “Sahih Muslim” adalah dua kitab hadis yang dianggap sebagai referensi utama dalam Islam Sunni. Dalam kedua kitab ini, terdapat banyak hadis yang membahas keutamaan Malam Jumat.

Salah satu hadis yang terdapat dalam “Sahih Bukhari” dan “Sahih Muslim” adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, di mana Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap muslim yang mandi pada hari Jumat dan membersihkan dirinya sebisa mungkin, kemudian ia pergi ke masjid, lalu ia mendengarkan khutbah dengan diam dan tidak mengganggu, maka baginya pahala shalat satu tahun penuh, ditambah sembilan puluh kali lipat.” (HR. Muslim)

Hadis ini menegaskan lagi pentingnya membersihkan diri dan datang ke masjid pada hari Jumat.

Amalan yang Dianjurkan pada Malam Jumat:

Berdasarkan referensi dari kitab kuning dan tradisi Islam, terdapat beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada Malam Jumat:

  1. Shalat Sunnah Malam Jumat : Salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah melakukan shalat sunnah pada malam Jumat. Shalat ini dapat dilakukan setelah shalat Isya’ dan dapat berupa shalat sunnah muakkad (yang sangat dianjurkan) maupun shalat sunnah ghairu muakkad (yang kurang dianjurkan).
  2. Membaca Surah Al-Kahfi : Membaca Surah Al-Kahfi juga merupakan amalan yang dianjurkan pada Malam Jumat. Surah ini memiliki banyak keutamaan dan membaca atau mendengarkannya pada Malam Jumat dapat memberikan berkah dan perlindungan dari fitnah Dajjal.
  3. Memperbanyak Dzikir dan Doa : Malam Jumat adalah waktu yang sangat diberkahi untuk memperbanyak dzikir dan doa. Memuji dan mengingat Allah SWT serta memohon ampunan-Nya adalah amalan yang sangat dianjurkan pada malam ini.
  4. Membaca Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW : Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW juga merupakan amalan yang dianjurkan pada Malam Jumat. Rasulullah SAW bersabda bahwa orang yang mengucapkan shalawat padanya akan mendapat syafaatnya pada hari kiamat.

Kesimpulan:

Malam Jumat adalah salah satu malam yang memiliki kedudukan istimewa dalam agama Islam. Keutamaannya telah disebutkan dalam banyak hadis dan tulisan-tulisan agama, termasuk dalam kitab kuning. Malam Jumat merupakan waktu yang sangat diberkahi untuk memperbanyak ibadah, dzikir, dan doa. Dengan memahami keutamaan Malam Jumat dan melakukan amalan-amalan yang dianjurkan pada malam ini, umat Islam dapat mendapatkan berkah dan keberkahan dari Allah SWT.

Referensi:

  1. Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi
  2. Al-Adzkar karya Imam An-Nawawi
  3. Sahih Bukhari
  4. Sahih Muslim
Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 


Video Terbaru

Pengumuman

Diterbitkan :
3 Fasilitas yang di dapat apabila daftar di Gelombang 1 Unit MARU II
Open Registration !!! 📋📋📋 Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB)Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan..
Diterbitkan :
3 Fasilitas yang di dapat apabila daftar di Gelombang 1 Unit SMARU
Open Registration !!! 📋📋📋 Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB)Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan..
Diterbitkan :
3 Fasilitas Yang di dapat apabila daftar di Gelombang 1 Unit SMPRU
Open Registration !!! 📋📋📋 Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB)Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan..