Info Pondok
Selasa, 16 Apr 2024
  • Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan : 1. Tahfidzul Qur'an 2. Gramatikal Kitab Kuning 3. Intensif Bahasa Inggris
  • Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan : 1. Tahfidzul Qur'an 2. Gramatikal Kitab Kuning 3. Intensif Bahasa Inggris
26 Oktober 2023

Memaknai Netralitas PPRU 2 Putukrejo dalam Politik Praktis

Kam, 26 Oktober 2023 Dibaca 98x

Dalam kesempatan HSN (Hari Santri Nasional) 2023 di Ponpes Raudlatul Ulum 2 Putukrejo Gondanglegi Malang, saya sampaikan bahwa:
“Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 2 Putukrejo Gondanglegi Malang secara kelembagaan bersikap netral dalam perhelatan politik praktis.”

Penegasan ini saya utarakan dihadapan Bapak Bupati Malang, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Malang, dan segenap keluarga besar PP Raudlatul Ulum 2 Putukrejo.

Arti dari Pernyataan
Netral maksudnya adalah memposisikan diri berada di tengah-tengah dengan tidak berpihak kepada apapun dan siapapun.
Politik praktis dimaknai sebagai struktur dan upaya untuk memperoleh kekuasaan politik, baik bersifat individual maupun secara kolektif atas nama partai politik.
Selain politik praktis, ada pula politik kebangsaan. Politik kebangsaan diterjemahkan sebagai gerakan sosial bersifat jangka panjang dari masyarakat sipil (civil society) yang mengusung kepentingan nasional.
Secara kelembagaan artinya suatu pola hubungan terikat yang diwadahi dalam penataan institusi organisasi (structuring organizational institutions).

Menterjemah Pernyataan
Dalam konteks kontestasi politik praktis, ponpes Raudlatul Ulum 2 Putukrejo Gondanglegi Malang tidak akan mengambil peran dan keputusan apapun terkait dengan pemilihan kepemimpinan negara dalam semua tingkatannya, baik pemilu tingkat nasional maupun tingkat daerah, hingga pemilihan kepala desa sekalipun.
Artinya, secara kelembagaan, pondok pesantren Raudlatul Ulum 2 Putukrejo tidak akan pernah mengeluarkan seruan, anjuran, perintah, atau bahkan doktrin berkaitan dengan penggalangan masyarakat untuk diarahkan kepada kepentingan politik praktis tertentu.
Dengan sikap demikian ini, maka seluruh stakeholder yang terdiri dari santri, para guru, alumni, ikhwan-akhawat, dan masyarakat umum tidak terikat dengan ponpes Raudlatul Ulum 2 Putukrejo dalam hal pilihan-pilihan politik praktis. Mereka bebas menentukan keputusan memilih sesuai nuraninya.
Apabila terdapat salah satu anggota keluarga dewan pengasuh di lingkungan ponpes Raudlatul Ulum 2 Putukrejo yang mengarahkan masyarakat kepada salah satu kandidat, maka upaya itu merupakan ikhtiar pribadi, bukan atas nama lembaga pesantren. Oleh sebab itu, hasil ijtihad politiknya belum tentu sama dengan hasil renungan anggota keluarga yang lain, dan memungkinkan berseberangan dengan kelompok stakeholder lainnya.
Sebagaimana hak politik masing-masing personal keluarga untuk memilih, maka masing-masing mereka juga memiliki wewenang untuk mengusung calon pemimpin negara dalam setiap tingkatan, melakukan lompatan strategis, dan pengerahan massa. Atraksi sedemikian halal dan absah di mata perundang-undangan. Tetapi sekali lagi, zigzag politis itu merupakan akrobatik secara pribadi yang hanya bertanggungjawab kepada konstituennya, bukan gerak langkah atas nama lembaga pesantren.
Ponpes Raudlatul Ulum 2 Putukrejo hanya memainkan perannya di dalam politik kebangsaan yang lebih menekankan patriotisme, nasionalisme, dan mengedepankan unsur dan nilai-nilai kemanusiaan demi perdamaian.
Dalam bahasa sederhana, ponpes Raudlatul Ulum 2 Putukrejo hanya berkiprah di dalam pengembangan pemahaman politik kebangsaan dalam ranah pendidikan sesuai koridor cara berpikir (manhaj al-fikr) NU, yaitu Indonesia merupakan nation-state dengan Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 sebagai kerangka konstitusi negara. Sama sekali tidak bersentuhan dengan kepentingan politik praktis yang berorientasi pada kekuasaan.
Berdasarkan fitrah berdirinya, ponpes Raudlatul Ulum 2 Putukrejo Gondanglegi Malang cuma berkonsentrasi kepada pendidikan dan dakwah.[]

Penulis: Muhammad Madarik
Staf Pengajar IAI Al-Qolam Gondanglegi Malang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 


Video Terbaru

Pengumuman

Diterbitkan :
3 Fasilitas yang di dapat apabila daftar di Gelombang 1 Unit MARU II
Open Registration !!! 📋📋📋 Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB)Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan..
Diterbitkan :
3 Fasilitas yang di dapat apabila daftar di Gelombang 1 Unit SMARU
Open Registration !!! 📋📋📋 Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB)Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan..
Diterbitkan :
3 Fasilitas Yang di dapat apabila daftar di Gelombang 1 Unit SMPRU
Open Registration !!! 📋📋📋 Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB)Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan..