Info Pondok
Selasa, 16 Apr 2024
  • Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan : 1. Tahfidzul Qur'an 2. Gramatikal Kitab Kuning 3. Intensif Bahasa Inggris
  • Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan : 1. Tahfidzul Qur'an 2. Gramatikal Kitab Kuning 3. Intensif Bahasa Inggris
9 Januari 2024

PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN

Sel, 9 Januari 2024 Dibaca 132x

Sistem pendidikan pesantren di dasarkan, digerakkan, dan diarahkan oleh nilai-nilai yang bersumber pada ajaran dasar Islam. Sehingga pesantren memenuhi kriteria yang disebut dalam konsep pembangunan, yaitu pembangunan kemandirian, mentalitas, kelestarian, kelembagaan, dan etika.
Santri secara umum adalah sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan agama Islam di pesantren. Pesantren atau madrasah yang saat ini berjumlah sekitar Secara statistik, Kementerian Agama tahun 2023 tercatat hingga saat ini jumlah pesantren di seluruh Indonesia sudah mencapai sekitar 36.600. Sedangkan jumlah santri aktif sebanyak 3,4 juta dan jumlah pengajar (kiai/ustad) sebanyak 370 ribu. Sejak dahulu pesantren tidak hanya berfungsi dalam proses pendidikan, melainkan juga dakwah dan pemberdayaan masyarakat yang berkesinambungan dalam membangun ekosistem yang baik di secara sosial strukturan maupun kultural.
Pondok pesantren mempunyai kiat tersendiri dalam membentuk karakter dan kepribadian para Santri. Itu bisa di lihat padatnya kegiatan yang sangat Panjang dan terstuktur serta mempunyai tujuan yang jelas dari jam pagi hingga malam, sehingga para santri tidak memiliki waktu luang atau bersantai dalam sehari harinya.
Dalam mendidik karakter dan kedisiplinan para santri, kiai dan Asatidz tidak mengajarkannya hanya melalui teks tertulis di papan atau hanya di suruh membaca di kelas, akan tetapi para asatidz ini memberikan contoh atau keteladanan secara langsung di luar kelas dan itu akan memberikan dampak yang luar biasa karena akan langsung di tiru oleh para Santri. Mengutip NU Online, karakter terbentuk atas kebiasaan dan pembiasaan tertentu, dapat diamati dalam sebuah prilaku yang “ajeg”, istiqomah, terus menerus. Tentu banyak faktor yang mempengaruhi terbentuknya karakter tertentu, mulai dari nilai intrinsik dan ekstrinsik.
Santri menerima bimbingan dan dukungan yang efektif, di malam hari setiap ba’da Maghrib meraka harus ngaos Al-Quran untuk memperlancar bacaan, Sehabis isya dan setiap selesai Sholat Subuh mereka para santri mendapat bimbingan khusus dari kiai atau Guru lainya berupa bimbingan untuk memperdalam ilmu membaca kitab kuning atau juga biasanya ngaji Jiping (Ngaji kupingan). Materi yang di sampaikan sangat beragam, biasanya mencakup kepribadian dan pengembangan kepribadian. Pada siang hari, Santri mengikuti Kegiatan pendidikan terstruktur melalui panduan kurikulum nasional maupun lokal.
Selain itu, dalam mengasah ketrampilan juga di adakan di dalam kegiatan Pesantren, seperti halnya ekstakurikuler pramuka, design grafis, jurnalistik, seni bela diri dan lain sebagainya atau di sebut dengan Muhadloroh yang wajib di ikuti oleh semua santri.
Para santri masuk kedalam sistem dan norma norma, sebagaimana peraturan kebersihan, ketertiban, keamanan dan kedisiplinan secara tertulis maupun tidak tertulis dan harus di taati dalam menjalankan amanah dari kiai yang sudah menjadi tradisi di Pesantren.
Dengan cara kehidupan seperti di gambarkan di atas, lingkungan, peran kiai, materi yang di ajarkan, jadwal kegiatan, pembatasan-pembatasan dan semua hal yang berlangsung di pesantren akan membuat para santri untuk mempunyai sifat kehati-hatian, spiritualitas tinggi, membentuk kesederhanaan dan kemandirian serta mempunyai karakter yang bertanggung jawab dalam semua hal terutama dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Penulis : Muhammad Ridwan, S.H (Santri PPRU2)

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Tinggalkan Komentar

 


Video Terbaru

Pengumuman

Diterbitkan :
3 Fasilitas yang di dapat apabila daftar di Gelombang 1 Unit MARU II
Open Registration !!! 📋📋📋 Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB)Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan..
Diterbitkan :
3 Fasilitas yang di dapat apabila daftar di Gelombang 1 Unit SMARU
Open Registration !!! 📋📋📋 Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB)Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan..
Diterbitkan :
3 Fasilitas Yang di dapat apabila daftar di Gelombang 1 Unit SMPRU
Open Registration !!! 📋📋📋 Penerimaan Santri dan Peserta Didik Baru (PPDB)Tahun Pelajaran 2024/2025 Program Unggulan..